Pengaruh Penerapan Media Cetak Berbasis Leaflet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya

Authors

  • Muzakki Adila Universitas Sriwijaya
  • Supriyanto Universitas Sriwijaya
  • Sani Safitri Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.346

Keywords:

Media cetak berbasis leaflet, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada tidaknya pengaruh penerapan media cetak
berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen yang berjenis true exsperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random samplingsehingga terpilihlah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Dari hasil belajar siswa didapat nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,13dan kelas kontrol sebesar 68,46. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini yakni uji t, dari perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel atau 10,32>2,01 sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh penerapan media cetak berbasis leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, & Uhbiyati. (2007). Ilmu pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Permendiknas. (2009). Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta: Redaksi Sinar Grafika.

Pribadi, B. A. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sadiman, A. S., dkk. (2002). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Subana, dkk. (2000). Statistik pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2002). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Tamburaka, R. E. (1999). Pengantar ilmu sejarah: Teori filsafat sejarah, sejarah filsafat, dan IPTEK. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2011). Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Muzakki Adila, Supriyanto, & Sani Safitri. (2025). Pengaruh Penerapan Media Cetak Berbasis Leaflet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2). https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.346

Issue

Section

Articles