Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.344Keywords:
Video Scribe Sparkol, Media pembelajaran, pengembangan, Hannafin and Peck, validitas, dan efektifitasAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di Sekolah Menengah Atas” yang memuat data mengenai peninggalan Islam di Kota Palembang, khususnya Masjid Agung Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran Video Scribe Sparkol pada mata pelajaran sejarah kelas XI di Sekolah Menengah Atas yang valid dan memiliki dampak efektivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin dan Peck. Langkah-langkah pengembangannya meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) tahap desain, dan (3) tahap pengembangan dan implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa kevalidan materi memperoleh nilai 4,13 dengan kategori valid, kevalidan media sebesar 4,30 dengan kategori sangat valid, dan kevalidan desain pembelajaran sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid. Penelitian ini telah diterapkan di kelas XI.3 SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Efek potensial dari penggunaan media ditunjukkan melalui perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Video Scribe Sparkol pada tahap uji coba lapangan. Rata-rata nilai pretest adalah 44,3 dengan kategori sangat rendah, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 89,6 dengan kategori baik. Terjadi peningkatan sebesar 45,3% dengan nilai n-gain sebesar 0,81 yang termasuk dalam kategori tinggi (karena ≥ 0,7). Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan program Video Scribe Sparkol pada materi Masjid Agung Palembang berhasil diterapkan, valid, dan memberikan dampak efektivitas dalam proses pembelajaran sejarah.
Downloads
References
Afandi, M., & Badarudin. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Air, J., dkk. (2014). Video scribing: How whiteboard animation will get your heart. Bristol, UK: Sparkol Books.
Akker, J. (2009). An introduction to educational design research. Dalam T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University (hlm. 26–27). Shanghai: East China Normal University.
Anggana Yudha, & Tri Sutrisno. (2016). Pengembangan media VideoScribe berbasis e-learning pada mata pelajaran komunikasi data dan interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro, (5), 0.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, R. D. (2014). Perancangan dan pembuatan video pembelajaran multimedia lanjut dengan menggunakan teknik whiteboard animation video [Naskah publikasi]. Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta.
Daryanto. (2011). Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dirman, & Juarsih, C. (2014). Kegiatan pembelajaran yang mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. (2008). Metodologi penelitian pendidikan: Kuantitatif & kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasan, S. H., dkk. (2012). Pendidikan sejarah untuk manusia dan kemanusiaan: Refleksi perjalanan karir akademik Prof. Dr. Said Hamid Hasan, MA. Jakarta: Bee Media Indonesia.
Harjanto. (2008). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran penilaian & evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.
Pidarta, M. (2007). Landasan kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pribadi, B. A. (2009). Langkah-langkah penting merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas: Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Purwanto, M. N. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadiman, A. S. (2012). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Setyosari, P. (2010). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Sekolah efektif: Konsep dasar dan praktiknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tegeh, I. M., dkk. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thobroni, M., & Mustofa, A. (2011). Belajar dan pembelajaran: Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin, M. (2010). Strategi pembelajaran berbasis konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yamin, M. (2011). Pembelajaran: Paradigma baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Kholidin, Hudaidah, Sani Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.