Pengaruh Penggunaan Media Bulletin Board terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.340Keywords:
Media Bulletin board, Hasil Belajar, Pelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Penerapan Media Bulletin Board terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMAN 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017". Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang, dan diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data dalam pembuktian hipotesis adalah regresi sederhana dengan taraf signifikan (α) = 0,05, F tabel dengan derajat kebebasan (dk) = 14 sebagai angka pembilang, dan dk = 18 sebagai angka penyebut. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada kelas eksperimen, diperoleh F hitung = 1,92 dan F tabel = 2,29, atau F hitung < F tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi "Ada pengaruh penerapan media bulletin board terhadap hasil belajar sejarah di kelas X SMAN 1 Indralaya Tahun Ajaran 2016/2017" diterima.
Downloads
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto, H. (2013). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Dimyati, & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hariono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2010). Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
I Gde Widja. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.
Moh. Ali, R. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKiS.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Poerwadarminta, W. J. S. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusdiana, N. (2014). Penggunaan media papan bulletin dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA sekolah dasar. Jurnal JPGSD, 2(1). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sadiman, A. S., dkk. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanaky, H. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode Statistika (Edisi Kelima). Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tamburaka, R. E. (1997). Pengantar Ilmu Sejarah: Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat, dan IPTEK. Jakarta: Rineka Cipta.
Winataputra, U. S., dkk. (1997). Buku Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Universitas Terbuka).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Lusiana, Sani Safitri, Alian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.