Gerak Sejarah Integratif-Multidimensional: Warisan Sartono Kartodirdjo Bagi Filosofi Pendidikan Sejarah Menuju Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v9i1.252Keywords:
Pendidikan Sejarah, Sartono Kartodirdjo, Filosofi PendidikanAbstract
Tulisan ini berupaya mengumandangkan kembali warisan pemikiran Sartono Kartodirdjo sebagai kerangka filosofi pendidikan sejarah (philosophical framework of history education) dan historigrafi sekolah (school historiography). Metode peninjauan dilakukan dengan pembacaan terhadap tulisan dan karya Sartono Kartodirdjo untuk mengungkap logika narasi (narrative logic) yang dikembangkannya untuk menarasikan sejarah Indonesia. Berdasarkan pembacaan karya Sartono Kartodirdjo, peneliti menggaris bawahi pendekatan gerak sejarah integratif berperspektif multidimensional sebagai jalan tengah bagi kontestasi filosofi Pendidikan sejarah di Indonesia. Melalui pendekatan ini setidaknya dua arah landasan filosofis Pendidikan sejarah yaitu penguatan kebangsaan dan tuntutan pengembangan pengetahuan kesejarahan bagi masyarakat Indonesia dapat disejajarkan secara proporsional dalam ruang Pendidikan Sejarah. Dalam konteks pendidikan sejarah di era Society 5.0, gagasan gerak sejarah integratif dan perspektif multidimensional tersebut dapat menjadi landasan filosofis dan arah pembelajaran sejarah yang memberikan ruang seimbang bagi penguatan identitas nasional dan kemampuan berfikir ilmiah peserta didik.
Downloads
References
Abidin, N. F. 2017. Narasi Nasionalisme dan Logika Oposisi Biner dalam Buku Teks Sejarah dari Orde Baru hingga Post-reformasi. In S. Margana, R. Sekarningrum, & A. Faisol (Eds.), Menemukan Historiografi Indonesiasentris (pp. 436–460). Yogyakarta: penerbit Ombak.
Ankersmith, F. R. 1983. Narrative logic: A semantic analysis of the historian’s language
(Vol. 7). Nijhoff The Hague.
Blau, P. M. 1960. A theory of social integration. American journal of Sociology, 65(6), 545- 556.
Freire, P. 2018. Pedagogy of the oppressed. Bloomsbury publishing USA.
Gladden, M.E. 2019. Who will be the memers of Society 5.0? Towards an Anthropology of Technologically Posthumanized Future Societies. Social Sciences, (8), 148, 1-22
Hasan, S. H. 2008. Pengembangan kompetensi berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah. In Makalah. Seminar IKAHIMSI, UPI Bandung (Vol. 8).
Joebagio, H., Djono, D., &Abidin, N. F. 2019. History Teachers’ Representation of Bhinneka Tunggal Ika: A critical discourse analysis. In 3rd Asian Education Symposium (AES 2018). Atlantis Press.
Joebagio, H., & Djono. 2019. Narration and Discourse of Bhinneka Tunggal Ika in Indonesian Revised History Textbook: A History Didactic Approach. Paramita: Historical Studies Journal, 29(1), 18–27.
Kartodirdjo, S., Poesponegoro, M. D., &Notosusanto, N. 1975. Sejarah nasional Indonesia: Jamanpertumbuhan dan perkembangankerajaan-kerajaan Islam di Indonesia (Vol. 3). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kartodirdjo, S. 1982. Pemikiran dan perkembangan historiografi Indonesia: suatu alternatif. Jakarta: Gramedia.
Kartodirdjo, S. 1987. Pengantarsejarah Indonesia baru, 1500-1900: Dari emporium sampai imperium (Vol. 1). Gramedia.
Kartodirdjo, S. 1987. Pengantar Sejarah Indonesia baru, 1500-1900: Dari kolonialismesampainasionalisme (Vol. 2). Gramedia.
Korostelina, K. 2008. History education and social identity. Identity: an International Journal of Theory and research, 8(1), 25-45.
Manojlovic, B. 2018. Historical Narratives, Politics of Memory, and Education. In Education for Sustainable Peace and Conflict Resilient Communities (pp. 19-45). Palgrave Macmillan, Cham.
Nash, R. H. 1969. Ideas of history.
Nagy, K. dan Hajrizi, E. 2019. Building Pillars for Adapting Society 5.0 in Post-Conflict Countries. IFAC PapersOnLine, halaman 40-45
Notosusanto, N., &Basri, Y. (Eds.). 1975. Sejarah nasional Indonesia untuksma.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nursam, M. 2008. Membuka pintu bagi masa depan: biografi Sartono Kartodirdjo. Penerbit Buku Kompas.
Pereira, GA., Lima, T.M., dan Charrua-Santos, F. (2020) Society 5.0 as a Result of the Technological Evolution: Historical Approach dalam T. Ahram (ed.). IHIET 2019. halaman 700-705
Priyadi, S. 2015. Historiografi Indonesia. Penerbit Ombak.
Purwanta, H. 2012. Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah Pada Masa Orde Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3).
Rowse, A. L. 2016. The use of history. Routledge.
Salgues, B. 2018. Society 5.0, Its Logic and Its Construction.
Shemilt, D. 2018. Assessment of Learning in History Education: Past, Present, and Possible Futures. The Wiley international handbook of history teaching and learning, 449.
Soedjatmoko 1957, Merintis Hari Depan. dalam Laporan Seminar Sejarah
Yamin, M. 1957. Catur-Sila Chalduniah. dalam Laporan Seminar Sejarah I (pp. 14-34).
Wagner, T., Herrmann, C., Thiede, S. 2017. Industry 4.0 impacts on lean production systems. In: 50th CIRP Conference on Manufacturing Systems, pp. 125–131.
White, H. 2009. The content of the form: Narrative discourse and historical representation. JHU Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Djono, Hermanu Joebagio, Nur Fatah Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.