Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA YP UNILA
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v9i1.246Keywords:
Integrasi, Multicultural, Learning HistoryAbstract
Pendidikan multikultural penting dalam kehidupan persekolahan. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana integrasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui integrasi pendidikan multikultural dalam materi- materi pembelajaran sejarah di SMA YP UNILA. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang meliputi: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) penyajian data dan kesimpulan-kesimpulan : penarikan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Sejarah mengintegrasikan pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA YP UNILA. Metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah bervariasi dengan memberikan kesempatan dan hak yang sama kepada peserta didik, serta mengaitkan materi peninggalan-peninggalan sejarah berupa situs-situs lokal yang ada di Provinsi Lampung seperti Pugung Raharjo dengan tujuan untuk menghargai situs dari agama yang lain, dari golongan lain, serta dari masyarakat di wilayah lain dengan cara bertoleransi kepada agama, ras, bangsa hingga suku lain. pendidikan multikultural dalam pembelajaran yang dilakukan dapat membentuk hubungan toleransi antar peserta didik yang bagus.
Downloads
References
Abdullah, A. 2015. Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Jurnal Ilmiah Pesantren. 1 (1) : 9- 24.
Akbar, dkk. 2019. Transformasi Konflik Sosial Antara Etnis Bali dan Lampung Dalam Mewujudkan Perdamaian di Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara. 9 (1) : 91-108.
Akhmad, H.. 2012. Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 1 (1) : 72-82.
Asnania dan Hudaidah. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Religius di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang. 7 (2) : 1-13
Banks, J. 1993. An Introduction to Multicultural Education. Boston: Ally and Bacon. Budi, M. 2013. Praktik Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Dar Al-Tauhid
Cirebon. Jurnal Holistik. 14 (1) : 35-54
Casram. 2016. Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural. Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya. 1 (2) : 187-198.
Rosyada, D. 2014. Pendidikan Multikultural di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. Jurnal Sosio Didaktika. 1 (1) : 1-12.
Hefni, Z. 2014. Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Multikultural (Studi pada Pondok Pesantren Al-Qodiri dan Al-Ghazali Jember). Jurnal Fenomena. 13 (2) : 209-224.
Hudaidah dan Syafruddin Y. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palembang. Criksetra : Jurnal Pendidikan Sejarah. 8 (1) : 36-52.
Istighfaroh. 2012. Konsep Multikultural Dalam Kehidupan Di Pondok Pesantren As Salafy Al Asror. Journal of Educational Social Studies. 1 (2) : 91-97.
Indrapangastuti, D. 2014. Praktek dan Problematika Pendidikan Multikultural di SMK.
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2 (1) : 13-25.
Kartodirjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Mahfud, C. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Marwati Djoened & Nugroho Notosusanto. 2010. Sejarah Nasional Indonesia Zaman Jepang dan Zaman Republik. Jakarta : Balai Pustaka.
Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Moleong L. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Naim, N. dan Sauqi, A. 2010. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Grup
Rini Dwi Susanti. 2013. Menguak Multikulturalisme di Pesantren: Telaah atas Pengembangan Kurikulum. Jurnal Addin. 7 (1) : 179-194.
Saidah. U.H. 2016. Pengantar Pendidikan Telaah pendidikan secara global dan nasional.
Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Supardi. 2014. Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2 (1) : 91-99.
Suryana, Y dan Rusdiana H.A. 2015. Pendidikan Multikultural suatu upaya penguatan jati diri bangsa Konsep – Prinsip – Implementasi. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Susilo, A. dan Ratna W. 2019. Kuliah Lapangan Sejarah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mahapeserta didik Stkip Pgri Lubuklinggau. Criksetra : Jurnal Pendidikan Sejarah. 8 (2) : 1-17
Sutopo. H. B. 2006. Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.
Tatang M.T. 2012. Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 1 (1) : 1-16.
Tilaar, H.A.R. 2004. Multikukturalisme (Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi Pendidikan Nasional). Jakarta : PT. Widiasarana Indonesia.
Wawancara Bisma Nugroho pada tanggal 31 Oktober 2019 Wawancara I Wayan Wisnutama pada tanggal 31 Oktober 2019 Wawancara Jainal Abidin pada tanggal 31 Oktober 2019 Wawancara Widya Febi pada tanggal 31 Oktober 2019
Yaqin, M. A. 2005. Pendidikan Multikultural : Cross-Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Yusuf P, Djono dan Suryo E. 2018. The Implementation Of Multicultural Education In History Learning at SMAN 3 Surakarta. IJJMU : International Journal Of Multicultural and Multireligious Understanding. 5 (3) : 11-18
Yusuf Perdana, Sumargono, Valensy Rachmedita. 2019. Integrasi Sosiokultural Peserta didik Dalam Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah UNJ. 8 (2) : 79-98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Yustina Sri Ekwandari, Yusuf Perdana, Nur Indah Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.