Implementation of Sociodrama Learning Method in Indonesia History Subjects
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v13i2.13Keywords:
Learning Method, Indonesian History, SociodramaAbstract
Abstract: This research is based on the curiosity of the use of sociodrama learning method. The problem of this research is how the use of sociodrama learning method in Indonesian History subject in Senior High School. This research aims to describe the use of sociodrama learning method in Indonesian History subject in Grade 10 Social Studies at Senior High School Number 5 in Tasikmalaya. This research uses qualitative method which is a case study type. The population in this study is the entire activity of social situations consisting of research location in Senior High School Number 5 in Tasikmalaya, informants, and activities of using sociodrama learning methods. Sampling used purposive sampling. Data collection was conducted using observation, interview, and documentation techniques. The analysis was conducted with three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result of the research explained that the background of using sociodrama method was the teacher wanted to increase the motivation and interest of students to learn history. The use of sociodrama method in learning can revive events that happened in the past that can help students in adding imagination, understanding, creative thinking, and students become more interactive when carrying out learning.
Abstrak: Penelitian ini didasarkan atas keingin tahukan akan penggunaan metode pembelajaran sosiodrama. Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran sosiodrama pada mata pelajaran Sejarah Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berjenis studi kasus. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh aktivitas situasi sosial terdiri dari tempat penelitian di kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya, informan, dan aktivitas penggunaan metode pembelajaran sosiodrama. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa latar belakang penggunaan metode sosiodrama adalah guru berkeinginan untuk menambah motivasi dan minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran sejarah. Penggunaan metode sosiodrama pada pembelajaran dapat menghidupkan kembali peristiwa yang terjadi di masa lalu yang dapat membantu peserta didik dalam menambah imajinasi, pemahaman, berpikir kreatif, dan peserta didik menjadi lebih interaktif ketika melaksanakan pembelajaran.
Downloads
References
Afrizal, S., & Mudjiran, M. (2015). Efektivitas Layanan Informasi yang Mengkombinasikan Metode Ceramah, Sosiodrama, dan Diskusi dalam Merubah Persepsi Siswa Tentang Disiplin Belajar. Konselor, 4(1), 33–41.
Aisyah, L. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Onsilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1), 43–51.
Alamsyah, N., & Labib, A. (2022). Radin Inten II: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Sejarahnya. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(1), 33–45.
Asih, S. (2017). Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tarikh. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian & Pendidikan Islam, 7(2), 21-31.
Chandra, M. (2020). Examining students’ and teachers’ per_ceptions of differentiated practices, student engagement, and teacher qualities. Journal of Advanced Academics, 31(4), 530–568.
Dita, P. E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Sosiodrama. Paedagogie, 13(2), 71–75.
Fafi, R. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih.
JOEMS: Journal of Education and Management Studies, 3(3), 9–13.
Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1), 1–19.
Jimatul, A., & Purnama, H. (2022). Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi. Jurnal: Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 992–999.
Karmedi, M. I., & Firman, F. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 36–46.
Kumalasari, D., & Wibowo, Y. A. (2021). Kajian Sejarah Pendidikan: Pemikiran Pendidikan Karakter Hamka. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 81–89.
Lionar, U., & Fithriah, R. (2023). Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sejarah Lokal Sumatera Barat Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pedagogy, 10(1), 77–88.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Grafindo Persada.
Maulidan, A. C. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas X IPS SMA Negeri 5 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/ 2023. Skripsi. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Maulidan, A. C., & Darmawan, W. (2024). Implikasi Multikulturalisme dalam Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Persatuan Indonesia. Artefak, 11(1), 49–64.
Maulidan, A. C., & Tarunasena. (2024). Peranan Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. Visi Sosial Humaniora, 5(1), 194–205.
Meldawati, M., & Ersi, L. (2020). Gambaran pendidikan karakter oleh guru sejarah dalam menanamkan nasionalisme peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 83–94.
Mindarto, M., & Marta, N. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Mohammad Hatta pada Pembelajaran Sejarah Sebagai Penguatan Karakter Siswa SMA. 187-196, 10(1), 187–196.
Muhammad, A. R., & Suhaimi, S. (2021). Integration of Character Education Based on Local Culture through Online Learning in Madras Ahaliyah. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 293–304.
Omni, S. (2023). ImplementasiMetode Pembelajaran Role Playingdalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 7Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 77–87.
Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Widyadari: Jurnal
Pendidikan, 21(2), 102–113.
Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 3(1), 41–53.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tri, A. F. (2017). Implementasi Metode Sosiodrama Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Pada Pembelajaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 5(2), 143–153.
Udiyani, I. A. P. S., & Pramartha, I. N. B. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Perjuangan Kapten I Wayan Dipta Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sosial, 3(2), 83–90.
Wira, A. (2018). Implementasi Metode Diskusi Dalam Optimalisasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas VII di MTS AL-QODIR Cangkringan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldi Cahya Maulidan, Alex Anis Ahmad, Miftahul Habib Fachrurozi, Dede Wahyu Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.