SILOTAL

Digital Catalog Application of Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat Museum as a Kodular-Based History Learning Media

Authors

  • Novia Faqihatun Nikmah Universitas Negeri Malang
  • Aditya Nugroho Widiadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v13i1.1

Keywords:

Development , Kodular-based SILOTAL, Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat

Abstract

Abstract: This research was conducted to develop innovative and effective history learning media in the digital era. Departing from the problems experienced in class XI MAN 3 Ngawi in the form of monotonous use of history learning media so that students feel bored and more interested in learning media applications. Therefore, researchers developed innovative and interesting learning media for students. The purpose of this research is to develop and test the feasibility of the Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat Museum Digital Catalog Application (SILOTAL) as a learning media for grade XI students of MAN 3 Ngawi. The research and development method used in this research is the ADDIE model from Branch which has five stages, including analyze, design, develop, implement, evaluate. The results of this research study obtained the results of material expert validation of 90% including in the very valid category. Media expert validation of 79% is included in the valid category. The results of the small group trial of 88.6% were included in the very feasible category and the large group trial had a result of 92.0% in the very feasible category. Thus, it can be concluded that SILOTAL is very feasible to use as a history learning media for grade XI students of MAN 3 Ngawi. However, there are some shortcomings that need to be improved in further research in the form of producing media with a more attractive design and setting without internet access that can be downloaded and installed on iOS devices to maximize use.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah yang inovatif dan efektif di era digital. Berangkat dari permasalahan yang dialami di kelas XI MAN 3 Ngawi berupa penggunaan media pembelajaran sejarah yang monoton sehingga, siswa merasa bosan dan lebih tertarik dengan aplikasi media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan dan melakukan uji kelayakan Aplikasi Katalog Digital Museum Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat (SILOTAL) sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI MAN 3 Ngawi. Metode penelitian dan pengembangan digunakan pada penelitian ini dengan model ADDIE dari Branch yang memiliki lima tahap, meliputi menganalisa, merancang, mengembangkan, melaksanakan, evaluasi. Hasil dari penelitian penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 90% termasuk pada kategori sangat valid. Validasi ahli media sebesar 79% termasuk pada kategori valid. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 88,6% termasuk kategori sangat layak dan uji coba kelompok besar memiliki hasil sebesar 92,0% masuk pada kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SILOTAL sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah untuk siswa kelas XI MAN 3 Ngawi. Namun terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki pada penelitian selanjutnya berupa menghasilkan media dengan desain yang lebih menarik dan diatur tanpa akses internet yang dapat di unduh serta diinstal di gawai iOS agar lebih maksimal dalam penggunaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. CHRONOLOGIA, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.22236/jhe.v2i1.5502

Afi, M. W., Sayono, J., & Sulistyo, W. D. (2021). Desain Media Katalog Digital Museum Airlangga untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Plosoklaten Kediri. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 229–238. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.635

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Proceeding Umsurabaya, 97–108.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2).

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: New York: Springer.

Duwila, F., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 246–259. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5146

Hutauruk, A. F. (2017). Digital Citizenship: Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah di Era Global. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 2(2), 16. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v2i2.186

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144. Diambil dari https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Khairuddin, & Syahriza, P. (2021). Penerapan Metode Karyawisata sebagai UpayaMenumbuhkan Interaksi Sosial pada MataPelajaranSejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs SwastaTarbiyah Waladiyah Pulau Banyak.

Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 155–164. https://doi.org/47467/tarbiatuna.v1i2.601

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Dita Alfiana, R. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 100–105. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/23143/9291

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Diambil dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Perdana, A. K. (2019). Generasi Milenial dan Strategi Pengelolaan SDM Era Digital. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 75–80. Diambil dari www.jurnal.ugm.ac.id/jurnalpemuda

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prasetyo, A. H., & Alrianingrum, S. (2021). Pengembangan Katalog Digital Untuk Pembelajaran Sejarah Di Museum Sepuluh November. Avatara: e-Journal Pendidikan Sejarah, 11(2). https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/42852

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. https://doi.org/http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3608

Ramadhan, F. N., Sunardi, S., & Musadad, A. A. (2021). Media Katalog Digital Untuk Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19. Diakronika, 21(2), 83–100. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/220

Rosmiati, U., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2021). ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 163. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10051

Saputra, H. S. (2019). Perancangan E-Katalog Berbasis Website Sebagai Media Informasi Koleksi Pada Museum Lampung. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Bandar Lampung.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep, Prinsip Aplikatif, dan Perancangan).

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2). Dikutip dari http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Novia Faqihatun Nikmah, & Aditya Nugroho Widiadi. (2024). SILOTAL: Digital Catalog Application of Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat Museum as a Kodular-Based History Learning Media. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 13(1), 17–30. https://doi.org/10.36706/jc.v13i1.1

Issue

Section

Articles