DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MEMBANTU GURU PKn MEMBELAJARKAN NILAI-NILAI
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.245Keywords:
RPPMNP, Integrasi, Nilai-nilaiAbstract
Abstrak: Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengintegrasikan nilai nilai Pancasila (RPPMNP) untuk membantu guru PKn dalam membelajarkan nilai-nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D. Responden pada saat studi pendahuluan adalah 20 orang guru PKn dari sepuluh SMPN di kota Palembang dan lima orang validator, serta dua orang guru PKn kelas VII SMPN yang menjadi guru model pada saat uji coba terbatas dan ujicoba lebih luas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Simpulannya bahwa desain RPPMNP adalah RPP yang semua komponennya diintegrasikan dengan nilai-nilai Pancasila yaitu mulai dari penentuan indikator, tujuan pembelajaran, bahan ajar, model dan metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media dan sumber belajar, serta instrumen penilaian
Downloads
References
Abdul Aziz Wahab dan Sapriya. 2008. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: UPI Press Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Akhmad Sudrajat. 2008. Pemberdayaan Guru. (Online). http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2008/.
Altapiko. 2009. Pengaruh Penerapan Falsafah Quantum Learning Terhadap Interaksi Siswa Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran PKn di SMK Negeri 3 Palembang. Skipsi. Tidak diterbitkan
Anugerah Agung Haryanto. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Skripsi. Tidak diterbitkan
Borg & Gall. 2003. Educational Research : An Introduction. Seventh Edition. United Stated of America: Allyn and Bacon, Permission Departement.
Dasim Budimansyah Suryadi. 2007. Warganegara Multidimensional Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan, dalam PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian PKn, Vol. 2 No.2, Desember 2007, 157-177
----------.2008. Revitalisasi Pembelajaran PKn melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen), dalam Acta Civicus, Vol.1 No. 2, April 2008
----------.2010. Pembelajaran Pendidikan Kesadaran Kewarganegaraan Multidimensional. Bandung: Genesindo.
Fraenkel, Jack R. 1977. How To Teach About Values. (An Analytic Approach). New Jersey: Prentice Hall Inc. Englewood Clifs.
Harry Wong. 2009. http://www.slideshare.net/jayson cbucable/effective-lesson planning.
Kadarusmadi. 1987. Pendidikan Moral Pancasila Dan Kecenderungan Perilaku Anak Didik : Suatu Studi Terbatasap Siswa SMA Negeri Di Kotamadya Banda Aceh. Tesis. Tidak diterbitkan
Karolina. 2009. Perbandingan Hasil Belajar Sisa Antara
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Round Table dengan Metode Ceramah pada Matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Indralaya. Skripsi. Tidak diterbitkan
Mishra, RC. 2007. Lesson Planning. New Delhi: Balaji Offset.
Mohammad Zaaba Hj. Ismail & Zurida Hj. Ismail (2003). Budaya ICT di kalangan Guru-guru Sains dan Matematik di Daerah Pasir Putih. ICT Dalam Pendidikan dan Latihan: Trend dan Isu. Persatuan Teknologi Pendidikan Malaysia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standard Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Price, Kay.M & Nelson, Karna. 2007. Planning Efective Instruction. 4th Edition. (Diversity Responsive Methods and Management. USA: Linda Scheiber Ganster.
Puspa Djuwita. 1993. Penampilan Guru PMP dalam Proses Belajar Mengajar dalam Membina Nilai- nilai Moral Pancasila di SMA Negeri Kotamadya Bengkulu (Studi Kualitatif Pembinaan Moral Pancasila. Tesis Magister PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.
R.K. Patro and B.C. Mishra. 2003. Values Profiles of School Students. New Delhi: Discovery Publishing House
Sunarno. 1992. Keragaman Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Analitis Terbatasap Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar PMP pada 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten). Tesis Magister PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Umi Chotimah. 2011. Alternatif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan : Sebagai Upaya Mencapai Civic Intelligence, Civic Participation dan Civic Responsibility (Proceeding Seminar Nasional Pendidikan, Tahun 2011, Di Palembang)
--------.2011. Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP. (Laporan Penelitian, Tahun 2011)
Vicky Duff, 2012. Mentor Training Coordinator, Department of Education, 609-292-0189
www.state.nj. us/ teacher_resources/effectivelesson planning. Victoria. Duff @ doe.state.nj.us.13 Januari 2012.
Yunina. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PKn di SMPN 1 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi. Tidak diterbitkan
Zais, Robert S. (1976). Curriculum (Principles and Foundations). New York : Harper & Row Publishers.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Umi Chotimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.