PEMBELAJARAN IPS PADA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (SUATU REDEFENISI DAN REPOSISI)

Authors

  • Sani Safitri

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.244

Keywords:

Pembelajaran IPS, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah

Abstract

Abstrak: tulisan berjudul “Pembelajaran IPS Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah (Suatu Redefenisi Dan Reposisi)”. Tujuan tulisan ini yaitu menelaah kembali pembelajaran IPS pada pendidikan dasar dan menengah. Mengingat kenyataan dan tantangan yang terjadi sekarang, rasanya perlu refedinisi dan reposisi pembelajaran IPS di pendidikan dasar dan menengah, dengan menerima fungsi IPS sebagai kegiatan belajar yang menekankan pada aspek pendidikannya. Penekanan dalam IPS pada kurikulum 2013 adalah pada proses, maka penilaian juga seharusnya mengutamakan penilaian proses, terutama dalam penilaian terhadap sikap dan kebiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ausubel, D.P. and F.G. Robinson. 1969. School Learning. And Introduction to Educational Pasychology. London: Holt, Rinehart and Winston.

Taba, Hilda. 1962. Curriculum Development. Theory and Practice. New York: Harcourt, Brace&World.

Taba, Hilda. 1967. Teacher’s Handbook for Elementary Social Studies. Adduson Wesley Publishing Company.

Published

2025-06-17

How to Cite

Safitri, S. (2025). PEMBELAJARAN IPS PADA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (SUATU REDEFENISI DAN REPOSISI). Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(2), 132–142. https://doi.org/10.36706/jc.v3i2.244

Issue

Section

Articles