HISTORICAL THINKING, KETERAMPILAN BERPIKIR UTAMA BAGI MAHASISWA SEJARAH

Authors

  • Hudaidah

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v3i1.237

Keywords:

Historical Thinking, Keterampilan, Mahasiswa, Sejarah

Abstract

Abstrak: Tulisan berjudul ” Historical Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Mahasiswa Sejarah” ini adalah kajian pustaka atas sumber-sumber yang relevan. Tujuan tulisan ini untuk memberikan gambaran tentang kekhasan keterampilan berpikir yang harus dikuasai oleh mahasiswa sejarah. Pembelajaran sejarah dilihat dari materi yang dikaji sangat unik dan berbeda dengan ilmu sosial lainnya, sehingga ilmu ini membutuhkan keterampilan berpikir yang berbeda pula. Keterampilan berpikir utama yang harus dikuasai ketika mengkaji peristiwa sejarah sebagai sebuah ilmu adalah keterampilan berpikir kesejarahan (Historical Thinking), tanpa keterampilan berpikir ini maka pembelajaran sejarah menjadi kehilangan rohnya. Oleh kerana itu, mahasiswa program studi pendidikan sejarah harus memahami lebih mendalam keterampilan berpikir ini, yang tidak sama dengan keterampilan berpikir umumnya. Manfaat yang dapat ditarik dari tulisan ini akan mempermudah mahasiswa dalam mengkaji berbagai peristiwa sejarah dengan lebih bermakna sehigga pepatah” belajar sejarah dapat membuat orang bijaksana” bukan hanya sekedar ucapan belaka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Taufik. 2007. Disekitar Penelitian Sejarah Lokal dalam Buku Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamian Perss.

Carr. 1959. Theory Of History . Micmilan: The FreePress Publish, CO.

Frederick, William H. Dan soeri Soetoso. 2002. Pemahaman Sejarah Indonesia Sebelum dan Sesudah Revolusi. Jakarta:LP3ES.

Gottschalk, Louis. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: UIP.

Harada, Tomohito. 2005. Consistency Of History Curriculum In Primary and Secondary School. Dalam Jurnal Studi Sosial Vol 1.Yogyakarta: Hispisi.

Hariyono.1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hasan, Hamid 2004 . Kurikulum Sejarah dan Pendidikan Sejarah Lokal” Disampaikan pada Seminar KBK dan Pengembangan Pembelajaran Sejarah Lokal, Bandung.

Hudaidah.2008. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Keterampilan Berpikir Kesejarahan Terhadap hasil Belajar Sejarah Berbasis Lokal (Tesis tidak diterbitkan). Jakarta: UNJ

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alpbeta.

Ismaun, 2001. Paradigma Pendidikan Sejarah yang Terarah dan Bermakna. Bandung: Historia.

Kamarga, Hansiswany. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Materi Sejarah Lokal. Dalam Seminar Sejarah Lokal. Bandung; UPI.

Kochhar. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Kuntowijoyo. 2008. Penjelasan Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

------------2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Prodi Sejarah. 2004. Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Palembang: FKIP Unsri.

Mordholt, dkk. 2008. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Morris L. Bigge, 1982. Learning Theories for Teachers. New York: Harper and Row.

Murni. 2006. Model Pembelajaran Holistik Dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kesejarahan, Desertasi. Bandung: PPS UPI.

Musnir, Diana Nomida. 2008. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial di Sekolah, Makalah disampaikan pada Workshop Universitas Negeri Jakarta.

Sjamsuddin, Helius. 2007. Penulisan Buku Teks dan Sejarah Lokal dalam Buku Sejarah Lokal Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung

: Salamian Perss.

Published

2025-06-17

How to Cite

Hudaidah. (2025). HISTORICAL THINKING, KETERAMPILAN BERPIKIR UTAMA BAGI MAHASISWA SEJARAH. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.36706/jc.v3i1.237

Issue

Section

Articles