HUBUNGAN DIALOG KREATIF DENGAN PENGALAMAN HISTORIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Adhitya Rol Asmi

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v3i1.236

Keywords:

Dialog Kreatif, Pengalaman Historis Siswa

Abstract

Abstrak: Tulisan berjudul ” Hubungan Dialog Kreatif Dengan Pengalaman Historis Siswa Dalam Proses Pembelajaran Sejarah ini adalah sebuah kajian pustaka atas sumber-sumber yang relevan. Tujuan tulisan ini yaitu menghubungkan suatu metode dengan sumber belajar di dalam sautu proses pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah sebenarnya memiliki berbagai sumber belajar yang tidak hanya terdiri dari buku teks yang dipegang oleh guru, salah satunya yaitu pengalaman historis siswa. Pengalaman ini bisa didapatkan oleh siswa berdasarkan aktivitas mereka sehari-hari. Pengalaman historis ini akan muncul apabila diberikan kesempatan yang luas oleh guru dalam mengugkapkannya. Dialog kreatif ini merupakan salah satunya. Sehingga apabila hal ini diterapkan didalam proses pembelajaran sejarah membuat pembelajaran sejarah lebih bermakna (meaningfull).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahkraeni, R. 2006. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Pengalaman Melalui Pendekatan Quantum Learning Dengan Strategi Show Not Tel Di Kelas V SD Negeri Cilolohan Tasikmalaya”. Jurnal Pendidikan Dasar. IV (5), 21-23.

Hasan, S. H. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Solihatin, E. 1997. Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Dialog Kreatif Pada Bidang Studi IPS Di Sekolah Dasar. Tesis Magister pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Supriatna, N. 2007. Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Bandung: Historia Utama Press

Model Pembelajaran. [On Line]. Tersedia:http://anakdesaberkaya.blogs pot.com. [9 Maret 2013].

Published

2025-06-17

How to Cite

Rol Asmi, A. (2025). HUBUNGAN DIALOG KREATIF DENGAN PENGALAMAN HISTORIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.36706/jc.v3i1.236

Issue

Section

Articles