HUBUNGAN DIALOG KREATIF DENGAN PENGALAMAN HISTORIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v3i1.236Keywords:
Dialog Kreatif, Pengalaman Historis SiswaAbstract
Abstrak: Tulisan berjudul ” Hubungan Dialog Kreatif Dengan Pengalaman Historis Siswa Dalam Proses Pembelajaran Sejarah ini adalah sebuah kajian pustaka atas sumber-sumber yang relevan. Tujuan tulisan ini yaitu menghubungkan suatu metode dengan sumber belajar di dalam sautu proses pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah sebenarnya memiliki berbagai sumber belajar yang tidak hanya terdiri dari buku teks yang dipegang oleh guru, salah satunya yaitu pengalaman historis siswa. Pengalaman ini bisa didapatkan oleh siswa berdasarkan aktivitas mereka sehari-hari. Pengalaman historis ini akan muncul apabila diberikan kesempatan yang luas oleh guru dalam mengugkapkannya. Dialog kreatif ini merupakan salah satunya. Sehingga apabila hal ini diterapkan didalam proses pembelajaran sejarah membuat pembelajaran sejarah lebih bermakna (meaningfull).
Downloads
References
Bahkraeni, R. 2006. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Pengalaman Melalui Pendekatan Quantum Learning Dengan Strategi Show Not Tel Di Kelas V SD Negeri Cilolohan Tasikmalaya”. Jurnal Pendidikan Dasar. IV (5), 21-23.
Hasan, S. H. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.
Solihatin, E. 1997. Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Dialog Kreatif Pada Bidang Studi IPS Di Sekolah Dasar. Tesis Magister pada SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Supriatna, N. 2007. Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Bandung: Historia Utama Press
Model Pembelajaran. [On Line]. Tersedia:http://anakdesaberkaya.blogs pot.com. [9 Maret 2013].
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Adhitya Rol Asmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.