PENGARUH STRATEGI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v2i2.207Keywords:
Strategi Lesson Study, Hasil BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi lesson study terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 6 November sampai dengan 17 November 2017. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan kelas VIII.5. Penentuan kelas diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis adalah dengan rumus uji t. Berdasarkan data analisis akhir dibuktikan dengan hasil uji statistik yaitu T(hitung) > T(tabel) atau 7,09> 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dapat diterima kebenarannya yaitu “terdapat pengaruh strategi Lesson Study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang”.
Downloads
References
Al-Tabani, Trianto Ibnu Bandar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Motivatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta : Prenda Media Group
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati.2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ali, Mohamad.1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rhineka Cipta.
. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Arif Mustofa dan Muhammad Thobroni. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-ruzz Media.
A.M Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grofindo Persada.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Haris, Abdul dan Asep Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Irwanto, dedi dan Alian Sair.2014. Metodologi dan Historiografi Sejarah. Yogyakarta: Eja_Publisher.
Morissan.2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Mujiono dan Dimyati.2009.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2013 Tri Azani Tami, L.R. Retno Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.