PENGARUH STRATEGI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG

Authors

  • Tri Azani Tami
  • L.R Retno Susanti

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v2i2.207

Keywords:

Strategi Lesson Study, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Strategi Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang”.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi lesson study terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 6 November sampai dengan 17 November 2017. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 dan kelas VIII.5. Penentuan kelas diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis adalah dengan rumus uji t. Berdasarkan data analisis akhir dibuktikan dengan hasil uji statistik yaitu T(hitung) > T(tabel) atau 7,09> 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dapat diterima kebenarannya yaitu “terdapat pengaruh strategi Lesson Study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabani, Trianto Ibnu Bandar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Motivatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta : Prenda Media Group

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati.2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali, Mohamad.1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rhineka Cipta.

. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Arif Mustofa dan Muhammad Thobroni. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-ruzz Media.

A.M Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Balajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grofindo Persada.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hariyanto dan Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haris, Abdul dan Asep Jihad. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Irwanto, dedi dan Alian Sair.2014. Metodologi dan Historiografi Sejarah. Yogyakarta: Eja_Publisher.

Morissan.2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mujiono dan Dimyati.2009.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Published

2025-06-16

How to Cite

Azani Tami, T., & Susanti, L. R. (2025). PENGARUH STRATEGI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 15 PALEMBANG. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.36706/jc.v2i2.207

Issue

Section

Articles