DEVELOPMENT OF MEDIA THREE DIMENSIONAL BASED ON MICROSOFT POWER POINT IN 2013 IN LEARNING HISTORY SUBJECTS IN SENIOR HIGH SCHOOL

Authors

  • Dezela Utamasari
  • L.R. Retno Susanti

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v2i1.200

Keywords:

Pengembangan, Media Tiga Dimensi, Microsoft Power Point 2013, Pembelajaran Sejarah, Kevalidan dan Efektifitas

Abstract

Abstrak : Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Tiga Dimensi Berbasis Microsoft Power Point 2013 dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Pengembangan media pembelajaran sejarah menggunakan Media Tiga Dimensi Berbasis Microsoft Power Point 2013 di kelas XI Sekolah Menengah Atas telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI IPS 4 di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Kevalidan media ini dinilai melalui evaluasi ahli (expert review) dan tahap uji coba (field test). Kevalidan melalui evaluasi ahli dinilai oleh tiga ahli yakni ahli materi, ahli desain dan ahli media. Kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 4,44 , kevalidan desain termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 4,26 dan kevalidan media termasuk dalam kategori valid dengan rerata nilai 3,87. Sedangkan efek potensial media pembelajaran sejarah ini tampak dari tes hasilbelajar dalam tahap uji coba lapangan (field test) yang diperoleh rerata nilai pretest peserta didik yaitu 45,83 dengan kategori sangat rendah dan terjadi peningkatan pada posttest dengan rerata nilai 91,66 dari 0% jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum menjadi 100% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan Media Tiga Dimensi Berbasis Microsoft Power Point 2013 pada mata pelajaran sejarah di kelas XI Sekolah Menegah Atas dinyatakan valid dan memiliki dampak potensial bagi peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti lain dapat lebih menyempurnakan media pembelajaran ini agar menjadi media pembelajaran yang lebih kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad dan Badarudin. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Anurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta : Referensi Jakarta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: YramaWidya.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Poedjaji, dkk. 2005. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Pribadi, Benny A. 2009. Langkah – Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Dian Rakyat.

Rohani , Ahmad. 2014. Media instruksional edukatif. Jakarta: RinekaCipta,

Rusman. 2011. Model – Model Pembelajaran: MengembangkanProfesionalis me Guru. Jakarta :Rajawali Pers.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, mengembangkan professional Guru Abad 21. Bandung :Alfabeta.

Sadiman, Arief, dkk.2010.Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2008. PERENCANAAN & DESAIN Sistem Pembelajaran. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana., dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: CV. SinarBaru.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Suryabrata, sumadi. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Rajawali Pers.

Tamburaka, Rustam E. 1997. PengantarI lmu Sejarah Teori Filsafat Sejarah danI ptek.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Wibowo, Noli. 2014. Pengembangan Media Pembelajarna Sejarah Menggunakan Piranti Lunak Presentasi Berbasis Sejarah Lokal Di Sekolah Menengah Atas.Tesis. Palembang: PPS Teknologi Pendidikan Unsri

Published

2025-06-16

How to Cite

Utamasari, D., & Susanti, L. R. (2025). DEVELOPMENT OF MEDIA THREE DIMENSIONAL BASED ON MICROSOFT POWER POINT IN 2013 IN LEARNING HISTORY SUBJECTS IN SENIOR HIGH SCHOOL. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.36706/jc.v2i1.200

Issue

Section

Articles