EFFECT OF IMPLEMENTATION OF CONSIDERATION LEARNING MODEL FOR STUDENT AFFECTION OF HISTORY LESSON IN X CLASS SENIOR HIGH SCHOOL 22 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.36706/jc.v2i2.197Keywords:
Kata Kunci :, Model Pembelajaran Konsiderasi, Afeksi Peserta DidikAbstract
Abstrak : Penelitian ini berjudul “Pengaruh Implementasi Model Konsiderasi terhadap Afeksi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 22 Palembang”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajran Konsiderasi terhadap afeksi peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di kelas X SMA Negeri 22 Palembang. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 22 Palembang”. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisi data dalam pembuktian hipotesis adalah regresi sederhana dengan taraf signifikan Ftabel dk= 1 sebagai angka pembilang, dk =36 sebagai angka penyebut dan (α) = 0,05 berdasarkan data analisis yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh Fhitung = 6,60 dan Ftabel = 4,11 atau Fhitung < Ftabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, hipotesis alternative (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh implementasi model pembelajaran Konsiderasi terhadap afeksi peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 22 Palembang”.
Downloads
References
Ahmadi, Khoirul dan Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Annur, Saipul. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif. Palembang. IAIN Raden Fata Press.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah, Saiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodelogi Penelitian Teknik penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta
Gustini. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Siswa Pada Pola Hidup Bersih dan Sehat. Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah.
Hamalik, 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni dan Ismail. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Kemendibud. 2014. Buku siswa SMA Sejarah Indonesia kelas X semester 2. Jakarta: Pusat kurikulum dan pembukuan,balitbang, kemdikbud.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Mencari Karakter Terbaik dari Belajar Sejarah. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Kurinasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena
Lestari, Nur Dwi. 2015. Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V Sd. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Madjid, Dien dan Wahyudhi, Johan.2014. Ilmu Sejarah Sebuah pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.
Nasution, S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Natasya, Ica Efilia. 2015. Pengaruh Penerapan Teori Belajar Operant Conditioning Dalam Mata Pelajaran PPKN Terhadap Perbaikan Perilaku Peserta Didik di SMP Negeri 6 Kayuagung. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
Oktariansa, Forta. Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Indralaya Utara. Skripsi. Universitas Sriwijaya. 2015
Poesponegoro, Marwati Djoened. 2010. Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
-----------. 2010. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S, dkk. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Balajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistik Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2006. Metodelogi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
-----------. 2013. Metodelogi Penelitian Kualntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Supriadi, Joko. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Debat Terhadap Sikap Demokratis Dalam Proses Pembelajaran PPKN Pada Siswa Kelas Viii di SMP Negeri 45 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Metode dan Model-Model mengajar IPS. Bandung: Alfabeta
Yamin, Martinis.2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SITI SWASTI EKA DEWIE

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.