Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 2 Palembang

Authors

  • Wiwin Draini Universitas Sriwijaya
  • Syafruddin Yusuf Universitas Sriwijaya
  • Yetty Rahelly Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.36706/jc.v4i2.155

Keywords:

Pengembangan, Multimedi Interaktif

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan multimedia interaktif yang valid dan efektifitas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif yang valid dan mengetahui efektifitasnya. Kevalidan media ini dinilai melalui evaluasi ahli (expert review) dan tahap uji coba (field test). Kevalidan melalui evaluasi ahli dinilai oleh tiga ahli yakni ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 5,00 , kevalidan desain termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 4,43 dan kevalidan media desain termasuk dalam kategori valid dengan rerata nilai 4,00. Sedangkan efek potensial media pembelajaran sejarah ini tampak dari tes hasil belajar dalam tahap uji coba lapangan (field test) yang diperoleh rerata nilai pretest peserta didik yaitu 52,0 dengan kategori kurang dan terjadi peningkatan pada posttest dengan rerata nilai 86,56 dengan kategori sangat baik dari 0% jumlah siswa yang mencapai KKM menjadi 100% siswa mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan Camtasia dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI Sekolah Menengah Atas dinyatakan valid dan memiliki efektifitas bagi peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan agar multimedia interaktif ini dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wiwin Draini, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Sejarah

Syafruddin Yusuf, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Sejarah

Yetty Rahelly , Universitas Sriwijaya

Pendidikan Sejarah

References

Akker. 1994. The defenition of educational technologi. Washington DC: AETC. (Edisi Bahasa Indonesia dengan judul Defenisi Teknologi Pendidikan, Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.7). Jakarta: PAU-UT &. Rajawali.

Asyhar. 2012. Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Pers

Damini, H Engkum. 2005. Seri Life Skill “Mengenal Komputer”. Jakarta: PT Musi Perkasa Utama

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Av Publisher

Daryanto. 2010. Media Yogyakarta: Gava Media Pembelajaran.

Depdiknas. 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas. Jakarta

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Purwanto. 2009. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ridwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2011. Statistik dan Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tessmer, Martin. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.

Warsita, Bambang. 2008. Pembelajaran Aplikasinya. CiptaArikunto, Landasan Jakarta: Suharsimi. Teknologi dan Rineka 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Wind, Ajeng. 2014. Jago Membuat Video Tutorial. Jakarta: Dunia Komputer.

Downloads

Published

2015-08-01

How to Cite

Draini, W., Yusuf, S., & Rahelly , Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 2 Palembang. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 165–173. https://doi.org/10.36706/jc.v4i2.155

Issue

Section

Articles